Tambang Emas Martabe Beri Sertifikat Keahlian kepada Karyawan Lokal

  • Whatsapp
Foto : Para karyawan lokal Tambang Emas Martabe penerima sertifikat berfoto bersama.(istimewa)

TAPSEL, TAPANULIPOST.com – PT Agincourt Resources, memberikan sertifikat peningkatan keahlian kepada para karyawan lokal di pabrik pengolahan emas. Hal itu untuk menunjukkan komitmennya pengelola Tambang Emas Martabe dalam meningkatkan kompetensi karyawan lokal dari 15 desa di lingkar tambang.

Pemberian sertifikat keahlian digelar dalam acara Process Operations Operators Certification Ceremony 2019, di Tambang Emas Martabe, Batangtoru, Sumatera Utara, Selasa, 22 Oktober 2019.

Muat Lebih

Senior Manager Processing PT Agincourt Resources, Wira Dharma Putra menyatakan secara garis besar, ini adalah upacara penyerahan sertifikasi keempat yang dilaksanakan oleh Processing Production Department.

“Pada program sertifikasi tahun ini total ada 48 orang yang dinyatakan lulus dan kompeten, baik itu secara teori dan praktik, yang mana semuanya adalah karyawan yang direkrut dari desa-desa di lingkar tambang,” kata dia.

Baca juga :  Tambang Emas Martabe Terima Penghargaan Peringkat Emas

Pada program sertifikasi kali ini, ada 6 Trainee Operator yang dipromosikan ke level Operator 1, serta 7 orang Operator 1 yang direklasifikasi ke Operator 2.

Selain itu, perusahaan juga telah mempromosikan 1 orang Operator menjadi Leading Hands di Gold Room, serta mempromosikan 2 orang Operator menjadi Shift Senior Operator.

Pada saat yang sama, 1 orang Senior Operator juga dipromosikan menjadi Shift Supervisor, serta promosi 1 orang Leading Hands menjadi Supervisor di Gold Room.

Wira menjelaskan, proses perekrutan karyawan untuk Processing Production Department dimulai pada bulan Juni 2012. Dimana saat itu PT Agincourt Resources merekrut sebanyak 66 orang trainee yang berasal dari desa-desa di sekitar lingkar tambang.

Baca juga :  Tambang Emas Martabe Kembali Luncurkan Program Beasiswa Martabe Prestasi 2019/2020

“Selama satu minggu mereka mengikuti pelatihan pra-operasi di Sibolga, Sumatera Utara. Beberapa minggu setelah mendapatkan pelatihan pra operasi tersebut, tepatnya pada tanggal 24 Juli 2012 Tambang Emas Martabe berhasil melakukan pouring (penuangan) emas untuk pertama kalinya,” jelasnya.

Disebutkan, sertifikasi pertama pada tahun 2016 meluluskan sebanyak 59 orang dan pada tahun 2017 meluluskan sebanyak 66 orang serta sebanyak 52 orang di tahun 2018 lalu.

Sejak proses sertifikasi berlangsung, perusahaan telah mempromosikan 3 orang menjadi Supervisor Shift dan 1 orang menjadi Supervisor Gold Room serta 2 orang lainnya menjadi Supervisor Day Crew.

“Disamping itu, kami telah mempromosikan 6 orang menjadi Senior Operator Shift dan 3 orang menjadi Lead Hand di Gold Room serta 2 orang lainnya menjadi Lead Hand di Day Crew,” ujarnya.

Baca juga :  Tambang Emas Martabe Kumpulkan 257 Kantong Darah

Dia mengucapkan terima kasih kepada para staff supervisor di Processing Production Department, yang telah bekerja keras untuk mentraining para karyawan lokal penerima sertifikasi ini hingga mencapai level dan standar seperti saat ini.

“Tentunya ini menunjukkan bahwa transfer pengetahuan dari staff nasional telah berjalan dengan sangat baik. Sungguh pencapaian luar biasa,” ucap Wira.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Muliady Sutio menyatakan, PT Agincourt Resources terus berkomitmen untuk mempekerjakan sedikitnya 70% tenaga kerja dari masyarakat sekitar tambang, dan membinanya agar memiliki kemampuan dan keahlian yang bisa dibanggakan.

Dia berharap, para karyawan terus mengembangkan kemampuan tanpa ada batasan. Saat ini dari total 107 karyawan di bagian Process Operations, 30 orang (28%) di antaranya adalah karyawan perempuan.(*)

Loading...

Pos terkait