Tapanulipost.com, Batangtoru – Setelah melalui serangkaian penjurian ketat dan mengungguli ratusan tim dari seluruh penjuru Indonesia, lima (5) tim terbaik kini bersiap untuk bersaing memperebutkan posisi juara dalam adu gagasan pertambangan berkelanjutan di Final Olympiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2024.

Kelima tim yang berhasil melaju ke babak final terdiri dari satu tim dari Universitas Jenderal Soedirman, dua tim dari Institut Teknologi Bandung, satu tim dari UPN “Veteran” Yogyakarta, dan satu tim dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

5 Tim Unggulan Siap Adu Gagasan di Final OlympiAR 2024
Foto: Lima tim melaju ke babak final Olympiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2024. Mereka adalah Magnesite dari Universitas Jenderal Soedirman, Hornblende dan Petalite dari Institut Teknologi Bandung, Pyrite dari UPN “Veteran” Yogyakarta, dan Ulexite dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. (Dok: PTAR)

Yogyakarta dipilih sebagai tuan rumah final OlympiAR 2024 dengan alasan yang kuat. Selain karena dua dari lima tim finalis berasal dari perguruan tinggi di kota pendidikan tersebut, sekitar 25% dari total pendaftar berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya.

Proses penjurian babak final akan melibatkan praktisi pertambangan dan akademisi dari berbagai wilayah, termasuk dari universitas di Sumatera Utara, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2024.

Pada hari yang sama, akan diumumkan pemenang OlympiAR 2024 di mana para pejabat tinggi universitas, sivitas akademika, serta pejabat pemerintahan terkait diundang untuk memberikan dukungan dan penghargaan kepada tim finalis yang akan bersaing pada hari itu. Baca sambungan halaman selanjutnya…