Tapanulipost.com, Tapteng – Seorang pria di Tapanuli Tengah (Tapteng) bernama Edianto Simatupang, terdakwa kasus UU ITE, divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan penjara karena postingannya di media sosial facebook menyebut “Kades Iblis, Koruptor Dana Desa”.

Vonis dibacakan oleh Majelis Hakim pada sidang yang digelar, Kamis (28/3/2024) di Pengadilan Negeri (PN) Sibolga.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Sidang dengan agenda pembacaan putusan dipimpin oleh Hakim Yanti Suriani, dan dua orang Hakim anggota yakni Andreas Iriando Napitupulu dan Frans Martin Sihotang.

Edianto Simatupang dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

Edianto Simatupang didakwa dengan Pasal 45 A Ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Baca sambungan halaman selanjutnya…