Tapanulipost.com, Jakarta – PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe di Kecamatan Batangoturu, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, menjadi salah satu pendukung Seminar Nasional bertema “Selamatkan Planet Bumi Melalui Penerapan Prinsip ESG” yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Aula Candi Bentar, Putri Duyung Cottage Ancol, Jakarta Utara, Minggu (18/2/2024).

Acara seminar nasional ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang diikuti seluruh anggota dan Pengurus PWI se-Indonesia.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun diwakili Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemitraan PWI Pusat, Muhammad Sarwani saat membuka seminar mengatakan kegiatan seminar tersebut sebagai bentuk komitmen PWI terhadap keselamatan bumi dan lingkungan yang saat ini sudah berada dalam ancaman pemanasan global.

Muhammad Sarwani pada kesempatan itu menekankan perlunya kolaborasi antara media, pemerintah, dan sektor swasta dalam mendorong penerapan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) sebagai landasan utama untuk pembangunan berkelanjutan.

ESG adalah konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan tiga kriteria tersebut yaitu lingkungan, sosial serta tata kelola. ESG juga termasuk dengan bagaimana standar yang digunakan untuk mengelola investasi berdasarkan kebijakan perusahaan dengan penuh tanggung jawab.

“Peran penting media dalam menyebarkan informasi yang edukatif dan mendidik masyarakat tentang praktik bisnis yang bertanggung jawab baik secara sosial dan lingkungan sangat dibutuhkan, sehingga ada kepercayaan dan keterbukaan antara perusahaan dengan pihak investor serta pemerintah,” ujarnya. Baca sambungan halaman selanjutnya…