Balige, Tapanulipost.com – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, turut berpartisipasi dalam ajang Kaldera Toba Marathon (Tobamar) Festival 2023 yang berlangsung di Balige, Sumatera Utara, pada Minggu (24/9/2023).

Kegiatan bergengsi ini diikuti oleh 1.300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

PTAR tidak hanya menjadi salah satu sponsor utama dengan memberikan dukungan sebesar Rp100 juta, tetapi juga mengirim 10 atlet binaan PTAR dan 6 perwakilan perusahaan untuk turut serta dalam perayaan ini, yang diinisiasi oleh Pemkab Toba, Ikatan Alumni ITB, Ikatan Alumni Del, dan Alumni Yayasan Soposurung.

Menurut Christine Pepah, Community Senior Manager PTAR, keikutsertaan atlet binaan PTAR dalam Tobamar Festival 2023 merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mengembangkan sektor olahraga di wilayah operasional Tambang Emas Martabe, terutama dalam bidang lari maraton.

PTAR tidak hanya memberikan bantuan peralatan dan pelatihan, tetapi juga secara rutin mengirim atlet binaan ke ajang lari maraton tingkat nasional maupun internasional.

Dalam Tobamar Festival 2023, atlet Klub Atletik Jaya Batangtoru berhasil meraih gelar juara 2 untuk rute 10K kategori umum perempuan serta juara 3 untuk rute 21K kategori umum laki-laki.

“Klub Atletik Jaya Batangtoru telah kami bina sejak tahun 2018. Kami melihat potensi besar dalam dunia maraton di kalangan mereka. Selama ini, kami telah beberapa kali mengirim mereka ke ajang-ajang maraton bergengsi, seperti Mandiri Jogja Marathon dan Sibayak Altitude Run. Dalam ajang-ajang tersebut, mereka beberapa kali meraih prestasi sebagai juara,” ungkap Christine.

Community Relations Manager PTAR, Masdar Muda, menambahkan bahwa pembinaan dan pengembangan ini diharapkan dapat memicu potensi calon atlet di sekitar wilayah operasional PTAR, khususnya dalam lari maraton.

“Kami yakin para pemuda di sekitar wilayah operasional PTAR memiliki potensi besar yang, jika dikembangkan dengan baik, akan memberikan manfaat yang signifikan, tidak hanya bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Pelatih Klub Atletik Jaya Batangtoru, Negro Pelita Nasution, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan pembinaan yang diberikan PTAR. Ia menilai bahwa keberadaan klub mereka, yang terdiri dari 30 anggota, telah meningkatkan minat dan semangat pemuda di Batangtoru dan sekitarnya terhadap olahraga atletik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut baik Tobamar Festival 2023 yang bertujuan mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

“Festival ini akan menjadi agenda tahunan, dan teknis penyelenggaraan akan terus ditingkatkan. Saya senang melihat peserta dari berbagai daerah di Indonesia hadir hari ini. Semoga lebih banyak orang yang akan datang berkunjung ke Danau Toba,” ujarnya.

Corporate Communications Senior Manager PTAR, Katarina Siburian Hardono, juga mengungkapkan bahwa partisipasi PTAR dalam Tobamar Festival 2023 adalah kontribusi nyata perusahaan dalam mendukung perkembangan sektor pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di sekitar Danau Toba.

“Danau Toba adalah aset berharga yang dimiliki Sumatera Utara, dan kami terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan aspek pariwisata di wilayah ini. Selain Tobamar, kami juga berpartisipasi dalam ajang W20 Summit tahun lalu dan F1 Powerboat yang dilaksanakan di Danau Toba pada awal tahun. Kami juga berkontribusi dalam pelestarian keanekaragaman hayati di Danau Toba dalam acara Hari Lingkungan Hidup bulan Juni lalu,” tutupnya. (ril)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS