Tapanulipost.com, Sibolga – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga membuka layanan penukaran uang pecahan kecil, selama 4 hari di Lapangan Simaremare, Kota Sibolga.

Kegiatan bertajuk SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) tersebut, BI Sibolga bekerjasama dengan Pemko Sibolga, Bulog juga menggelar kegiatan Pasar Murah guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap komoditi pangan selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Kegiatan dengan mengusung tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” berlangsung mulai Senin (18/3) hingga Kamis (21/3). Kegiatan SERAMBI ini merupakan tahun yang ketiga dilaksanakan oleh BI Sibolga.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias mengatakan kegiatan SERAMBI bertujuan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai, melalui kegiatan layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadan Idul Fitri.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan uang rupiah selama periode RAFI 2024. Bank Indonesia Sibolga akan menyediakan Rp 1,54 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi selama Bulan Ramadan,” kata Yuliansah.

Yuliansah menjelaskan, untuk melakukan penukaran uang pecahan di kegiatan SERAMBI ini, wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website: https://pintar.bi.go.id.

“Bagi masyarakat yang belum sempat hadir juga tidak perlu khawatir, Bank Indonesia juga telah bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan 10 titik penukaran yang tersebar di Kota Sibolga hingga akhir Ramadhan,” sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Sibolga menggelar Pasar Murah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan Pasar Murah sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga selama RAFI 2024 dengan menjaga ketersediaan pasokan dan harga yang terjangkau. Pasalnya, periode RAFI 2024 biasanya menjadi momentum kenaikan permintaan terhadap barang dan jasa.

Adapun jenis komoditas yang dijual dalam Pasar Murah tersebut adalah beras, gula pasir, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Selama Ramadhan, TPID Kota Sibolga berencana untuk melaksanakan Pasar Murah setidaknya 2 kali hingga menjelang Idul Fitri.

“Melalui kesempatan ini, kami juga mengimbau Masyarakat untuk dapat berbelanja secara bijak dan wajar, agar ketersediaan pasokan terjaga dan harga terjangkau,” kata Wali Kota Sibolga diwakili Sekda M. Yusuf Batubara.

Dalam kegiatan ini juga terdapat pameran produk-produk UMKM yang menarik untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia sekaligus mendorong penggunaan digitalisasi QRIS di kalangan masyarakat Kota Sibolga. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS