Prajurit Korem 023/KS Laksanakan Tes Samapta

oleh
Foto : Prajurit Korem 023/KS jalani tes samapta. (ist)

SIBOLGA, TAPANULIPOST.com – Korem 023/Kawal Samudera melaksanakan Tes Samapta Periodik II TA 2017 di Lapangan Makorem di Jalan Datuk Itam No.1 Sibolga.

Peserta tes Samapta ini diikuti seluruh Perwira (Mayor dan Pama), Bintara, Tamtama serta ANS personel Korem 023/KS. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 1 sampai 3 Nopember 2017.

Kajasrem 023/KS Lettu Inf M Sirait mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Skep Kasad No: Kep/ 83/III/2013, tentang pemberlakuan tes kesegaran jasmani lari 3200 meter. Peraturan Kasad Nomor Perkasad/251/XII/2007 tanggal 28 Desember 2007 tentang Bujuk Tehnik tes dan pengukuran Jasmani.

Dijelaskannya, tes kesegaran “A” yaitu lari dengan jarak 3200 meter. Penilaiannya berdasarkan berapa waktu yang ditempuh dalam jarak 3200 meter tersebut dan kategori kelompok umur.

Baca juga :  Kodam I/BB Sambut Juara Peraih 3 Medali

Sedangkan Tes kesegaran B yakni Full up, Sit Up, Push Up dan lari angka delapan, penilaiannya berdasarkan kelompok umur dan waktu.

“Tes jasmani militer bertujuan untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan, untuk membentuk Prajurit yang memiliki daya tahan tubuh yang prima, siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dengan baik,” jelasnya.

Baca juga :  Prajurit Korem 023/KS Lakukan Pemeriksaan Hepatitis

Sementara itu Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TP Lobuan Simbolon mengungkapkan, sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan samapta ini adalah untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan prajurit korem 023/KS, karena pembinaan fisik  secara  program dilaksanakan  3 (tiga) kali seminggu.

“Diharapkan agar para prajurit mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang tinggi, sehingga dalam melakukan suatu kegiatan tidak mengalami kelelahan yang berarti dan selalu dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik,” ungkap Kasiops Korem. (red/ril)