TAPANULIPOST.com – Melakukan kebiasaan ini diyakini bisa bikin hidup kita panjang umur. Praktik itu biasa dilakukan warga Jepang yang terkenal banyak hidup dengan panjang umur.

Penelitian menemukan, salah satu rahasia panjangnya harapan hidup warga Jepang tak lain adalah kebiasaan berjalan kaki. Dengan melakukan kebiasaan berjalan kaki, warga Jepang banyak yang berhasil mencapai usia hidup lebih dari 100 tahun dalam kondisi tubuh yang sehat.

jangan-golput-tak-milih-tak-paten

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim yang melibatkan asisten profesor Universitas Waseda, Daiki Watanabe, dan hasilnya diterbitkan dalam edisi digital jurnal Kedokteran dan Sains AS dalam Olahraga & Latihan pada awal Februari.

Temuan mereka mengungkapkan bahwa salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh warga Jepang yang berusia lanjut adalah berjalan kaki sebanyak 5.000 hingga 7.000 langkah per hari.

“Saya berharap orang lanjut usia yang memiliki lebih sedikit kesempatan untuk keluar karena penyebaran virus Corona, kini akan mencoba berjalan kaki sekitar satu jam per hari,” ujar Watanabe seperti dikutip dari Japan Times, Kamis (8/6/2023).

Tim penelitian menyebutkan bahwa jumlah langkah tersebut setara dengan berjalan kaki selama satu jam. Menurut mereka, durasi ini merupakan waktu yang optimal untuk meningkatkan harapan hidup warga Jepang.

Baca sambungan halaman selanjutnya…

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]