SIMALUNGUN, TAPANULIPOST.com – Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi melakukan kunjungan kerja ke Nagori Totap Majawa Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu, 4 April 2018.

Kedatangan Rombongan Wakil Bupati di Nagori Totap Majawa disambut Camat Tanah Jawa dan Pangulu Nagori (Kepala Desa) Totap Majawa.

Di Nagori Totap Majawa, Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi didampingi Pimpinan cabang Bank Sumut Pamatang Raya dan Kota Siantar, Kadis Perikanan Pardomuan Sijabat SP, Kadis Perhubungan Ir Ramadhani Purba bersama staf meninjau penangkaran benih ikan nila milik Irwan Sinaga yang luasnya sekitar 6 Ha berada di beberapa titik lokasi.

Melihat penangkaran benih ikan nila milik Irwan Sinaga, Wakil Bupati mengapresiasi usaha Irwan Sinaga yang telah berhasil hingga mampu melayani petani dan pengusahan ikan daerah lain.

[irp posts=”3400″ name=”Wakil Bupati Tobasa Sebut Kunjungan Wisatawan Meningkat”]

“Kita cukup bangga melihat warga kita mampu memberikan yang terbaik untuk pertanian di daerah ini khususnya petani ikan seperti yang dilakukan olah Irwan Sinaga. Kita lihat saudara Irwan ini sudah menggunakan tekhnologi dalam usaha perikanan ini,” ujarnya.

Oleh karenanya diharapkan kepada Irwan Sinaga dapat bekerjasama dengan masyarakat sehingga usaha penangkaran benih ikan dapat lebih baik didaerah ini.

“Ini usaha yang cukup baik untuk menambah penghasilan bagi masyarakat. Oleh karena itu diharapkan, Kabupaten Simalungun selain sebagai lumbung padi, juga dapat menghasilkan benih ikan yang baik juga untuk dibesarkan,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Irwan Sinaga memaparkan secara singkat tentang kegiatannya dalam proses penangkaran benih ikan, dari induk hingga menjadi benih ikan untuk di pasarkan.

[irp posts=”3335″ name=”Wabup Simalungun : Sektor Kesehatan Menjadi Salah Satu Prioritas Pembangunan”]

Dia mengatakan bahwa berbagai cara sudah dilakukan untuk mengembangkan usahanya dalam penangkaran benih ikan hingga memiliki beberapa karyawan.

“Dalam proses penangkaran benih ikan ini, kita juga harus melakukan penelitian tentang kadar oksigen air untuk benih ikan, pakan yang cukup, induk ikan yang baik serta lahan untuk mengembangkan benih ikan yang baik, sehingga dapat menghasilkan benih ikan yang baik untuk dibesarkan,” jelas Irwan.

Selanjutnya, Irwan juga mengatakan bahwa benih ikan yang ia hasilkan sudah banyak ditampung oleh masyarakat maupun pengusahan ikan untuk dibesarkan, dan hasilnya cukup baik.

Oleh karena itu, saat ini lokasi penangkaran benih ikan miliknya akan dibenahi untuk menghasilkan benih ikan yang lebih baik dan berkualitas sekaligus dalam pencegahan penyakit. (TP06)