Simalungun, Tapanulipost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menyelenggarakan Festival Tor-tor untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Marturi-turian untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

Acara budaya ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumatera Utara, dan secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, pada Kamis (23/11/2023).

jangan-golput-tak-milih-tak-paten

Bupati Simalungun Radiapoh menyampaikan ucapan selamat kepada semua peserta, khususnya anak-anak yang akan berpartisipasi dalam Festival Tor-tor dan Marturi-turian.

Radiapoh menyoroti peran penting TP PKK dalam membawa dampak positif bagi masyarakat, karena organisasi ini memiliki keterlibatan langsung dengan masyarakat.

Radiapoh juga menyampaikan harapannya agar TP PKK dapat menjadi sumber informasi yang valid untuk membantu perencanaan pembangunan di Kabupaten Simalungun.

“Marilah kita membuat tematik pembangunan yang terkait dengan TP PKK karena merekalah yang paling mengerti keluhan masyarakat di tingkat bawah,” ujarnya sambil memberikan apresiasi terhadap kegiatan festival tersebut.

Radiapoh menegaskan bahwa kegiatan festival ini memiliki peran penting dalam mengingatkan akan sejarah dan mempertahankan identitas budaya Kabupaten Simalungun.

Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dimasukkan ke dalam kalender kegiatan Pemkab Simalungun.

“Bersama-sama kita harus menjaga dan merawat identitas budaya kita agar tidak hilang, seperti yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawan dan pendahulunya,” tandasnya.

Untuk menjaga keberlanjutan budaya lokal, Radiapoh juga mengumumkan rencananya untuk memprogramkan setidaknya satu hari dalam seminggu sebagai hari berbahasa Simalungun. Langkah ini diharapkan dapat membantu dalam mempertahankan dan mengembangkan bahasa daerah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengungkapkan pentingnya perhatian dan dukungan dari Pemkab Simalungun terhadap program kegiatan TP PKK, terutama dalam pengembangan bakat anak-anak.

Ratnawati juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi untuk memperkenalkan budaya Simalungun kepada masyarakat, terutama anak-anak yang kadang terpengaruh oleh penggunaan gadget.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, piala bergilir ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Tahun 2023 diperebutkan oleh peserta dari 6 wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) di wilayah Kabupaten Simalungun.

Acara juga disemarakkan dengan pemberian klaim BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), bantuan kepada pelaku UMKM, serta peninjauan stand UMKM.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati H Zonny Waldi, Forkopimda, Sekda Esron Sinaga, serta sejumlah pejabat dan undangan dari lingkungan Pemkab Simalungun. (Firma)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]