Simalungun, Tapanulipost.com – Saluran irigasi primer di daerah irigasi Pinang Ratus, tepatnya di Dusun Lumban Holbung, Nagori Pagar Pinang, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun jebol pada Sabtu (25/11/2023).

Akibat jebolnya saluran irigasi tersebut mengakibatkan ratusan hektar persawahan warga terancam kekeringan Selain itu mengakibatkan pipa air minum masyarakat juga putus.

jangan-golput-tak-milih-tak-paten

Kepala Sumber Daya Alam Unit Jorlang Hataran Reston Bakkara ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Pemerintah Kabupaten dan juga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

“Kejadian ini sudah kita laporkan ke atasan pada Sabtu lalu dengan bukti-bukti foto dan video,” ujar  Reston di lokasi, Senin (27/11/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

Reston menjelaskan, saluran irigasi tersebut jebol diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi pada Sabtu malam lalu, sehingga air meluap ke saluran irigasi.

“Saat ini sedang dilakukan pengerjaan di saluran irigasi untuk membuat pembuangan air ke arah sungai, karena jika curah hujan tinggi saluran irigasi ini tidak dapat menampung debit air yang cukup besar yang datang dari area perkebunan PTPN IV Unit  Bah Birong Ulu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Lumban Holbung, Nagori Pagar Pinang, Vanden Gultom menyampaikan, akibat jebolnya saluran irigasi tersebut, ratusan hektar persawahan warga terancam kekeringan, dan air minum warga juga putus total.

“Untuk itu, kami harapkan kepada dinas terkait agar segera memperbaiki saluran irigasi tersebut supaya persawahan warga secepatnya dapat dialiri air, dan yang paling utama secepatnya saat ini, pipa air minum masyarakat agar diperbaiki karena air minum ini merupakan kebutuhan pokok utama warga,” kata Vanden didampingi puluhan warga yang datang ke lokasi jebolnya saluran irigasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Simalungun Hotbinson Damanik belum berhasil dimintai tanggapannya. (Firma)

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]