TAPANULIPOST.com – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang turis asing naik motor dengan pelat merah di Bali.

Motor tersebut ternyata milik Pemerintah Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Atas beredarnya video tersebut, Perbekel Desa Bukti Gede Wardana menjelaskan kronologi kejadian dan meminta maaf.

Menurut Wardana, saat itu ia sedang berada di Denpasar untuk menengok cucu menggunakan kendaraan dinas.

Saat berada di Denpasar, tamu sang anak yang merupakan warga negara asing meminjam sepeda motor dinas tersebut, tanpa sepengetahuannya. Tamu tersebut menggunakan motor dinas dengan alasan membeli rokok dan minuman serta pergi ke ATM.

“Saya tidak mengetahui saat diambil (sepeda motor), karena sedang asyik menggendong cucu,” kata Wardana.

Wardana meminta maaf atas kegaduhan di masyarakat yang ditimbulkan oleh video tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi hal serupa.

Dalam konfirmasi terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan tidak ada penarikan aset karena kendaraan tersebut milik aset pemerintah desa.

Meski demikian, Lihadnyana tetap mengingatkan yang bersangkutan agar tidak mengulangi perbuatan yang sama. Jika dibiarkan, hal itu bisa diikuti yang lain.

Video tersebut menjadi sorotan karena turis asing menggunakan motor dengan pelat merah, yang umumnya hanya diperuntukkan bagi kendaraan dinas.

Kejadian ini menunjukkan kurangnya kesadaran dalam menggunakan kendaraan dinas serta menimbulkan berbagai spekulasi dan kekhawatiran di masyarakat.