BALIGE, TAPANULIPOST.com – Kirab obor Asian Games 2018 tiba di Ibukota Toba Samosir, Balige, Rabu, 1 Agustus 2018. Puluhan ribu warga dengan mengibarkan bendera Merah Putih sangat antusias menyambutnya.

Obor pertama kali diterima oleh wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus di pelataran Plasa Telkom di Balige. Kemudian selanjutnya diserahkan kepada atlit Tobasa yang kemudian secara bergantian dibawa ke pusat acara penyambutan di Kawasan wisata pantai Pasir Putih Lumban Bulbul Balige.

“Pantai Lumban Bulbul merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat indah, kita sengaja menjadikan pantai Pasir Putih ini sebagai tempat puncak penyambutan kirab obor Asian Games 2018. Tujuannya agar keindahan alam pantai Bulbul semakin terekspos ke dunia Internasional dengan sehingga meningkatkan wisatawan,” kata Bupati Tobasa, Darwin Siagian.

Darwin Siagian juga merasa bersyukur atas terpilihnya wilayahnya menjadi salah satu tempat yang dihunjuk oleh panitia pusat Asian Games yang dilalui kirab obor Asian Games.

“Terima kasih, warga Toba Samosir tentu sangat bangga dengan terpilihnya daerah ini salah satu dari puluhan wilayah di seluruh Indonesia yang dilalui Kirab Obor Asian Games ini. Semoga menjadi penambah motivasi kepada seluruh warga Tobasa khususnya kepada para olahragawan Toba Samosir lebih bersemangat lagi untuk berprestasi,” ujarnya.

[irp posts=”4292″ name=”Bupati Tobasa Bersama Luhut Panjaitan Bahas Pengembangan Infrastruktur Pendukung Pariwisata Danau Toba”]

Saat di Toba Samosir, Api Obor dibawa secara estafet oleh olahragawan Tobasa berprestasi seperti Daniel Hutapea yang merupakan Karateka andalan Toba Samosir yang baru -baru ini berhasil menyandang gelar juara dunia dikelasnya dalam kejuaraan yang dilaksanakan di Korea Selatan.

Selain Daniel, ada juga pesepakbola Doni F Siregar yang pernah memperkuat PSMS Medan dan juga atlit Marathon Liston Siahaan. Kemudian ada juga tokoh olahraga, Binahar Napitupulu. Bahkan Bupati dan Kapolres Tobasa ikut serta menjadi estafet pembawa obor.

“Terimakasih kepada semuanya, sebagai tuan rumah penerima kirab obor Asian Games ini, semoga kabupaten ini semakin jaya kedepan. Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul ini ternyata sangat indah, luar biasa,” kata Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo.

[irp posts=”3400″ name=”Wakil Bupati Tobasa Sebut Kunjungan Wisatawan Meningkat”]

“Terimakasih juga kepada yang terlibat dalam membawa obor, khususnya para atlit. Mari tingkatkan prestasi, maju terus pantang mundur . Berikan yang terbaik buat Toba Samosir, bagi Sumatera Utara tentunya untuk Indonesia yang sama-sama kita cintai ini,” tambahnya.

Sebelumnya bersama Pangdam, pejabat Gubernur menyerahkan medali penghargaan kepada seluruh yang terlibat dalam membawa api obor.

Selanjutnya Pejabat Gubernur yang didampingi Pangdam Bukit Barisan, Bupati dan Wakil Bupati serta perwakilan panitia penyelenggara Asian Games Jakarta-Palembang menyulutkan obor, yang konon mengandung gabungan api dari India dan Marapen pada Cauldron mini yang telah disediakan. Maka berkobarlah api semangat Asian Games 2018 di Toba Samosir. (Brams)