TAPANULIPOST.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Park pada hari Minggu (21/05/2023). Kunjungan ini merupakan bagian dari acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 Outreach.

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana sekitar pukul 08.30 waktu setempat disambut oleh Gubernur Prefektur Hiroshima, Hidehiko Yuzaki, dan Wali Kota Hiroshima, Kazumi Matsui. Mereka kemudian bersama-sama menuju Hiroshima Peace Memorial Museum.

Setelahnya, Presiden dan para pemimpin negara lainnya menandatangani buku tamu sebelum berjalan bersama ke monumen peringatan atau cenotaph. Di depan monumen tersebut, Presiden dan para pemimpin negara melakukan upacara peletakan karangan bunga dan memberikan penghormatan kepada korban bom atom di Hiroshima.

Sementara itu, Ibu Iriana, bersama Ibu Yuko Kishida dan para pendamping pemimpin negara mitra G7, juga mengadakan upacara peletakan karangan bunga di monumen tersebut serta memberikan penghormatan kepada korban bom atom di Hiroshima.

Kunjungan ini menjadi momen penting bagi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk menyampaikan solidaritas dan menghargai perjuangan rakyat Hiroshima dalam menghadapi dampak mengerikan dari bom atom. Melalui partisipasi dalam KTT G7 Outreach, Indonesia juga menegaskan komitmennya terhadap perdamaian dan penghapusan senjata nuklir.

Acara KTT G7 di Jepang masih berlangsung dengan berbagai agenda penting lainnya yang melibatkan para pemimpin negara dari kelompok industri maju tersebut. (int)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS