SIMALUNGUN, TAPANULIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Simalungun tepung tawari 179 orang jamaah calon Haji dan Hajjah yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji pada musim ibadah Haji musim tahun 1439 H/2018 M.

Kegiatan tepung tawar dilaksanakan di halaman Mesjid Asy Syuhada Korem 022/PTT Kecamatan Siantar Timur Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, 23 Juli 2018.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Rini Juniarni salah satu peserta STQ Provsu asal Kabupaten Simalungun.

Kepala Staff Haji Simalungun, Sakoanda Siregar dalam laporannya mengatakan jumlah jemaah calhaj reguler yang akan berangkat sebanyak 179 orang. Namun dari jumlah tersebut 1 orang jamaah calon haji atas M Idris Luthfi dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar telah meninggal dunia pada 12 Juli lalu.

“Namun ini dapat digantikan dengan ahli warisnya dan bila bersedia akan segera diurus segala keperluannya dan berangkat pada tahun 2019 mendatang,” katanya.

[irp posts=”4350″ name=”Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani Lepas Peserta Manasik Haji Akbar”]

Dikatakannya, keberangkatan jamaah calhaj asal Simalungun akhirnya sebanyak 72 orang calhaj laki-laki dan 106 calhaj wanita dan nantinya para jamaah akan didampingi oleh PPIH dan TPHI serta TKHI.

Adapun jamaah tertua pria usia 80 tahun atas nama Sadi bin Karso dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar.

Sementara jamaah tertua wanita yakni Mislah Binti Suparto usia 82 tahun asal Kecamatan Tapian Dolok. Untuk jamaah calhaj termuda Lisa Novita Harahap usia 30 tahun dari Kecamatan Pematang Bandar.

“Dijadwalkan para jamaah calhaj akan berangkat pada 30 Juli menuju asrama haji medan, selanjutnya pada 31 Juli menuju Jeddah yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 9 bersama jamaah calhaj dari Pematang Siantar, Asahan dan Medan,” jelas Sakoanda.

[irp posts=”4321″ name=”Bupati Simalungun JR Saragih Imbau ASN Tidak Ikut Berpolitik Praktis”]

Bupati Simalungun DR.JR Saragih SH MM mengatakan, Pemkab Simalungun bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena jumlah jamaah calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Artinya ada peningkatan sebesar 40 persen. Dan Pemkab Simalungun juga akan memberikan uang saku kepada para jamaah masing-masing sebesar 1.5 juta rupiah. Dan kita juga sama-sama berdoa agar para jamaah nantinya kembali pulang ke tanah air dalam sehat semuanya,” ujarnya.

Acara tepung tawar jamaah calhaj tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Simalungun Ir.H Amran Sinaga MSi, Kapolres Simalungun M.Liberty Panjaitan serta Wakapores, Danrem 022/PT, Dandim 0207/SML, Ketua MUI Simalungun Tuan Guru Syech Dr.H Ahmad Sabban Rajagukguk, anggota DPRD, para ketua KUA serta pimpinan Bank Muamalat dan BNI. (Firma)