TAPANULIPOST.com – Seorang bule asal Brasil yang sempat menjadi viral di media sosial karena mengunggah foto dirinya yang membuka celana di puncak Gunung Agung, Karangasem, Bali, akhirnya meminta maaf atas perbuatannya.

Yuri, demikian nama bule tersebut, mengaku tidak tahu bahwa Gunung Agung merupakan kawasan suci bagi masyarakat Bali.

Melalui bantuan Gede Eka, pemilik rental motor yang disewa Yuri selama di Bali, ia bisa bertemu dengan Niluh Djelantik, tokoh adat setempat, untuk melakukan klarifikasi. Dalam pertemuan tersebut, Yuri mengungkapkan penyesalannya atas perbuatannya dan siap menerima konsekuensi apabila terjadi pelanggaran sesuai aturan keimigrasian. Ia juga menyanggupi untuk menanggung upacara pembersihan di Gunung Agung sesuai dengan kepercayaan masyarakat setempat.

Niluh Djelantik mengharapkan agar peristiwa ini menjadi pelajaran bagi wisatawan lainnya untuk tidak melakukan hal yang tidak patut selama berwisata di Bali atau daerah lain di Indonesia. Ia juga mengajak Yuri untuk menyampaikan pesan kepada warga Brasil agar berprilaku baik selama berwisata di Indonesia serta mematuhi peraturan yang berlaku jika ingin bekerja atau membuka usaha di Indonesia.

Warga Bali pun berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan dan masyarakat dapat menjaga kekayaan budaya dan kepercayaan yang ada di Bali. Semoga peristiwa ini dapat memberikan pelajaran bagi kita semua tentang pentingnya menghormati adat istiadat dan norma yang berlaku di setiap tempat yang kita kunjungi sebagai wisatawan.