TAPANULIPOST.com – Presiden Indonesia, Joko Widodo, berencana melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini.

Kabar ini muncul setelah Jokowi mengumumkan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Rycko Amelza Dahniel, pada pekan depan.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Partai-partai koalisi pemerintahan Jokowi memprediksi bahwa perombakan kabinet akan dilakukan pada tanggal 12 April.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan bahwa pihaknya melihat ada sinyal kuat dari Jokowi mengenai perombakan kabinet ini.

Namun, Awiek menyerahkan keputusan akhir kepada Jokowi dan menegaskan bahwa kapan perombakan kabinet akan dilakukan tetap menjadi hak prerogatif Presiden.

Sementara itu, Waketum PKB Jazilul Fawaid mendukung rencana perombakan kabinet ini dan memprediksi bahwa perombakan akan dilakukan usai Hari Raya Idul Fitri.

Dave Laksono, Ketua DPP Golkar, juga berbicara mengenai isu perombakan kabinet dan menilai bahwa ada kemungkinan perombakan dilakukan pada tanggal 12 April.

Meski begitu, semua pihak menyerahkan keputusan akhir kepada Presiden Jokowi. Jokowi sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait perombakan kabinet ini.

Namun, partai-partai koalisi pemerintahan Jokowi menyampaikan bahwa posisi Menteri Pemuda dan Olahraga harus segera diisi, sehingga kemungkinan besar perombakan kabinet akan dilakukan dalam waktu dekat ini.