Tapteng, Tapanulipost.com – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Dosnitahi Pinangsori. Diklat ini bertujuan untuk mewujudkan layanan prima dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kalangan pengelola KSP CU Dosnitahi Pinangsori.

Acara Diklat berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 17 hingga 20 September 2023, diadakan di Balai Diklat Pemkab Tapanuli Tengah, Kecamatan Pinangsori.

jangan-golput-tak-milih-tak-paten

Dalam pembukaan acara, Ketua Panitia Diklat, Yadaman Lase, menjelaskan bahwa tujuan dari Diklat ini adalah untuk menjaga, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas serta kemampuan SDM dalam hal kinerja, pengetahuan, sikap, kecakapan, dan keterampilan.

Menurut Yadaman, dengan meningkatnya kualitas SDM pengelola diharapkan akan berdampak positif pada pelayanan prima yang berkualitas tinggi sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Selain itu, Diklat ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan tugas, yang pada gilirannya akan memperkuat rasa bangga dan semangat pengabdian terhadap usaha.

“Program ini merupakan upaya kami untuk tahun buku 2023, mengingat pertumbuhan jumlah anggota koperasi yang terus meningkat. Oleh karena itu, kami perlu meningkatkan layanan agar lebih inovatif dan prima,” kata Yadaman Lase, Selasa (19/9/2023).

Dalam Diklat ini, para narasumber (narsum) berasal dari eksternal dan internal KSP CU Dosnitahi.

Narsum eksternal meliputi Robert Sihaloho, SE (Manager Puskopdit Bekatigade Sumut), Desy Simanjuntak (Staf Diklat Bekatigade Sumut), dan Jhon Penta Siborok, S.Kom (Kepala Bidang IT Bekatigade Sumut).

Sementara narsum internal terdiri dari Herpon Simanjuntak (Ketua Pengurus dan Penanggung Jawab Diklat), Toto Munthe (Manager KSP CU Dosnitahi Pinangsori), Fahela Gea (Bendahara KSP CU Dosnitahi Pinangsori), dan Drs. Ganefo Bangun (Ketua Pengawas KSP CU Dosnitahi Pinangsori).

Toto Munthe, dalam kesempatan tersebut memaparkan pencapaian KSP CU Dosnitahi hingga bulan Agustus 2023. Koperasi ini telah memiliki lebih dari 30.000 anggota di wilayah Sumatera Utara, dengan aset sekitar Rp 205 miliar pada periode yang sama.

“Selain itu, KSP CU Dosnitahi telah terakreditasi grade A oleh Kementerian Koperasi UKM RI.” ungkapnya.

Koperasi binaan Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Tapanuli Tengah ini terus berupaya mengembangkan pelayanannya.

Dalam bidang pengawasan, koperasi ini melakukan audit internal setiap triwulan dan audit internal terprogram setiap tahunnya, sehingga laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan dan transparan.

Diklat Pengelola tahun buku 2023 KSP CU Dosnitahi Pinangsori akan ditutup pada Rabu, 20 September 2023, dengan rangkaian acara malam inagurasi dan ibadah yang akan dipimpin oleh Pastor Aditya Peranginangin, O.Carm, yang juga menjabat sebagai Penasihat KSP CU Dosnitahi Pinangsori. (red)

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]