Dilanjutkan dengan pelaksanaan simulasi evakuasi bencana gempa bumi. Dalam simulasi tersebut, saat sirene pertama berbunyi maka pegawai diharapkan berlindung dibawah meja atau di sudut ruangan jika tidak ada tempat berlindung.

Setelah itu para pegawai segera menuju titik kumpul evakuasi dengan tetap waspada dan tidak berlari serta tidak dorong-mendorong.

General Manajer (GM) PT Pelindo Cabang Sibolga, Aulia Rahman melalui Manager Keuangan dan Umum, Ahmad Subhan mengatakan dengan adanya simulasi ini akan menjadikan petugas di lapangan semakin sigap dalam menangani jika terjadi insiden di lingkungan pelabuhan.

Menurut Ahmad Subhan, simulasi mitigasi bencana ini penting dilakukan agar petugas mampu menghadapi keadaan tanggap darurat di area pelabuhan, sehingga dapat dijadikan bekal petugas di lapangan serta security untuk siap siaga dalam menangani bencana.

“Selain untuk meningkatkan ketrampilan penanganan keadaan darurat, dengan dilaksanakannya simulasi ini dapat meningkatkan komunikasi yang terjalin dengan baik dan diharapkan akan lebih efektif sehingga jika terjadi insiden di lingkungan pelabuhan dapat ditangani secara cepat dan efisien,” kata Subhan. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS