TAPUT, TAPANULIPOST.com – Kodim 0210/ Tapanuli Utara melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah di Makodim 0210/TU, Kamis (8/6).

Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kodam I/Bukit Barisan ke 67 Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 20 Juni 2017.

Sebanyak 42 orang prajurit Kodim 0210/TU termasuk Dandim 0210/TU Letkol Arm Ezra Nathanael, Danramil jajaran kodim 0210/TU, Ibu Ketua Persit beserta pengurus Persit Kodim 0210/TU, mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah itu.

Dandim 0210/TU Letkol Arm Ezra Nathanael menyampaikan, dalam rangka menyambut HUT Kodam I/BB pihaknya menggelar lomba dan juga kegiatan bakti sosial donor darah untuk membantu masyarakat yang tengah membutuhkan darah.

Baca juga : Danrem Buka Latihan Pratugas Yonif 123/RW Amankan Perbatasan RI-Malaysia

Kata Dandim, dengan berdonor dapat membantu mereka yang kekurangan darah dan menyelamatkan jiwa seseorang.

“Contohnya, darah yang kita donorkan itu untuk transfusi darah korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah. Selain itu, kepada penderita penyakit tertentu yang akan menjalani operasi besar,” ujar Letkol Arm Ezra.

Menurut Dandim, selain untuk membantu masyarakat yang tengah membutuhkan darah, berdonor juga sangat bermanfaat bagi pendonor.

Baca juga : Sambut HUT Kodam I/BB, Korem 023/KS Laksanakan Karya Bhakti

“Manfaatnya, kita mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Setiap kali seseorang mendonorkan darahnya dapat bermanfaat menurunkan kadar iron (zat besi) dalam tubuh,” tukasnya.

“Turunnya level iron dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung,” pungkas Dandim. (red/ril)