TAPSEL, TAPANULIPOST.com – Babinsa Koramil 17/Natal Kodim 0212/TS Serka Darwanto memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa/siswi baru di sekolah SMK Negeri 1 Natal, Kabupaten Madina, Senin, 16 Juli 2018 di lapangan sekolah tersebut.

Babinsa Serka Darwanto mengatakan,kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membentuk kedisplinan, melatih kekompakan dan loyalitas, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya sejak dini terhadap para pelajar.

“Karena pelatihan PBB sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan kebersamaan,” jelasnya.

Serka Darwanto berharap, dengan adanya pelatihan tersebut siswa-siswi baru mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

[irp posts=”4334″ name=”Danramil Batahan Beri Materi Wawasan Kebangsaan kepada Siswa SMAN I Sinunukan”]

Sebab, menurutnya, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Serka Darwanto menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 17/Natal dalam dunia pendidikan.

“Dan juga merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan,” katanya. (ril)