TAPANULIPOST.com – Mendekati akhir bulan Shaban, muncul pertanyaan di kalangan umat Muslim mengenai kapan puasa pertama Ramadhan 2023 dimulai. Informasi lengkap mengenai hal tersebut bisa ditemukan di bawah ini.

Tentang penetapan tanggal puasa pertama Ramadhan atau 1 Ramadhan di Indonesia, sering terjadi perbedaan pendapat yang biasa terjadi.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan bahwa perbedaan penetapan awal puasa Ramadhan di Indonesia terjadi karena adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath), seperti yang tercantum di situs web resmi Kementerian Agama.

Lalu, apakah 1 Ramadhan 1444 Hijriyah tahun ini akan berbeda? Menurut Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, seperti yang dilaporkan oleh detikHikmah, kemungkinan besar umat Islam akan melaksanakan Ramadhan 2023 secara bersamaan.

Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum menetapkan keputusan terkait kapan awal puasa Ramadhan 2023.

Keputusan awal Ramadhan biasanya ditetapkan melalui sidang isbat menggunakan metode rukyatul hilal atau pengamatan hilal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag RI), seperti yang dijelaskan di detikHikmah berdasarkan situs web resmi Simbi Kemenag.

Perkiraan awal puasa 2023 apabila didasarkan pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang diterbitkan Kemenag RI, yaitu akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa awal puasa Ramadhan 1444 H akan dimulai pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 M, berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 yang diterbitkan sejak Sabtu (21/01) lalu, seperti yang dijelaskan di laman resmi Muhammadiyah.

Sementara Nahdlatul Ulama (NU) hingga saat ini belum menetapkan kapan awal Ramadhan 2023. Biasanya, organisasi Islam ini menunggu keputusan sidang isbat Kemenag.

Itulah informasi lengkap mengenai perkiraan kapan puasa pertama Ramadhan 2023 versi pemerintah, Muhammadiyah, dan NU. Semoga informasi ini bermanfaat!