Sibolga, Tapanulipost.com – Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Sibolga, Resdon Rudi Rumapea, menyatakan komitmen siap mendukung penuh tugas pengawasan dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Sekretariat selalu siap untuk mendukung penuh program kerja Bawaslu Kota Sibolga untuk menyukseskan Pemilu 2024,” kata Resdon Rudi Rumapea kepada Tapanulipost.com, pada Senin (11/12/2023).

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Resdon menjelaskan sesuai Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 1 Tahun 2021 tentang organisasi dan tata kerja sekretariat jendral Badan Pengawas Pemilihan Umum dan Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan Pengawas Pemilihan Umum, yang menyatakan bahwa Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota mempunyai tugas melaksanakan, pemberian dukungan administrasi dan teknis operasional kepada Bawaslu serta koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.

“Untuk itu Kesekretariatan harus selalu siap mendukung dan menunjang segala bentuk program dan kegiatan untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dan berkeadilan. Baik dari segi sumber daya manusia Staff, kebutuhan operasional kantor, dan kebutuhan administrasi,” kata Resdon.

Menurut Resdon, peran dan dukungan sekretariat dalam menunjang kinerja Bawaslu diakui sebagai bagian integral dari proses tersebut. Selain dalam hal surat-menyurat, keberadaan sekretariat juga memegang peran kunci dalam pengaturan program kerja, manajerial, dan banyak aspek lain yang sangat diperlukan. Keberadaan Sekretariat menjadi elemen yang sangat vital dalam mendukung tugas dan program kerja Bawaslu.

“Dalam konteks ini, Sekretariat berfungsi sebagai sistem pendukung untuk memfasilitasi tugas-tugas Bawaslu, baik yang bersifat administratif maupun teknis operasional,” ungkapnya.

“Surat masuk dan surat keluar, imbauan, instruksi, dan berbagai tugas lainnya merupakan tanggung jawab utama dari kesekretariatan. Ini bukanlah hal yang sepele atau remeh, tetapi sentralisasi administrasi berada di Sekretariat,” tambahnya.

Sebagai Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Sibolga, Resdon Rudi Rumapea menegaskan bahwa pihaknya akan memastikan manajerial kesekretariatan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Fasilitasi dan instruksi yang tegas kepada seluruh jajaran staf dianggap sebagai bagian krusial dari tugas Sekretariat.

“Ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjawab peran krusial Sekretariat di lingkungan Bawaslu. Meskipun peran Sekretariat dalam tugas pengawasan mungkin tidak selalu tampak dari luar, namun diketahui bahwa manajerial lembaga Bawaslu berpusat di Sekretariat,” tutupnya.

Resdon menghimbau kepada Jajaran Staf baik PNS maupun staf non PNS Sekretariat Bawaslu Kota Sibolga untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita akan berusaha memberikan dukungan semaksimal mungkin, melalui dukungan SDM yang cakap, dukungan administrasi serta teknis operasional yang profesional,” tandasnya. (Preddy.S)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS