SIBOLGA, TAPANULIPOST.com – Yayasan Santa Maria Berbelas Kasih Sibolga menggelar Education Expo 2023. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari Kamis, 11 Mei hingga Sabtu, 13 Mei 2023.

Pada pembukaan Education Expo 2023, Pj Bupati Tapteng, Elfin Elyas, hadir secara langsung. Elfin Elyas didaulat untuk melepaskan balon sebagai tanda dimulainya kegiatan Education Expo 2023.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Unit TK, SD St Melania dan SMP Katolik Fatima 2 Sarudik yang diwakili oleh Lediana Sinaga S.pd, menyampaikan bahwa tujuan dari expo ini adalah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2023.

Lediana Sinaga juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati atas kebaikan memberikan aset-aset yang digunakan dalam pendidikan seperti sosialisasi pencegahan narkoba dari kepolisian, sosialisasi kesehatan dari puskesmas, sosialisasi pajak dari kantor pajak, dan bantuan bagi siswa miskin atau kurang mampu yang dapat digunakan dengan baik.

Ia juga menyampaikan bahwa pihak sekolah dapat memanfaatkan kekayaan alam Tapanuli Tengah seperti pantai, gunung, dan kekayaan lainnya sebagai sarana pembelajaran bagi siswa dan guru.

“Semoga mimpi sekolah dan masa depan anak-anak dapat terwujud, bukan hanya dalam prestasi tetapi juga karakter dan iman yang meningkat,” ujar Lediana Sinaga.

Sementara itu, Ketua Panitia Education Expo 2023, Krisman Nadapdap, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pameran pendidikan yang menampilkan berbagai jenis aktivitas di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan atas.

Krisman menjelaskan tujuannya adalah untuk menjadi referensi dan informasi bagi siswa yang akan memilih jalur pendidikan.

“Education Expo 2023 ini bertujuan untuk menarik minat siswa dan masyarakat agar mereka terlibat dalam salah satu pendidikan yang ditawarkan. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari konsep merdeka belajar, di mana anak didik bebas mengeksplorasi bakat dan kemampuannya. Diharapkan, kegiatan ini juga dapat membentuk karakter murid-murid,” jelas Krisman.

Ia memamparkan kegiatan Education Expo 2023 ini, terdapat Pameran Pendidikan, Pentas Seni, Marching Band, dan Bazar.

“Peserta Education Expo 2023 melibatkan seluruh murid dari TK, SD, SMP yang ada di unit Santa Melania Sarudik, SMA Katolik Sibolga, dan Yayasan Berbelas Kasih Sibolga. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Unit Santa Melania Sarudik Tapanuli Tengah,” harap Krisman.

Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas, dalam sambutannya, mengapresiasi peran para pendidik dalam mendidik para siswa dengan kesabaran dan ketekunan.

Elfin menekankan pentingnya menyadari bahwa masa depan ditentukan oleh tindakan yang dilakukan saat ini.

Elfin menjelaskan bahwa dalam proses pendidikan anak-anak, guru tidak hanya bertugas untuk mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga harus mengajarkan etika dan cinta kasih agar siswa mampu hidup dalam harmoni dengan sesama.

“Pendidikan merupakan pilar utama bagi masa depan bangsa,” tegas Elfin.

Dalam pidatonya, Pj Bupati juga memberikan pesan kepada para siswa agar terus belajar dan menjadi manusia yang rendah hati.

Elfin menyampaikan bahwa tanpa pengetahuan, seseorang cenderung menjadi sombong dan suka menyalahkan orang lain.

“Saya mengajak kalian semuanya teruslah berbuat baik hingga keburukan itu lelah mengikutimu,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain Propinsial SCMM Indonesia Sr. Donata Manalu, SCMM, Ketua Yayasan Sr. Veronika Situmorang, SCMM, serta seluruh Kepala Sekolah di Yayasan Santa Maria Berbelas Kasih Sibolga.

Turut hadir juga Camat Sarudik, Lurah, Komite Sekolah, pimpinan komunitas Suster SCMM Sibolga dan Sarudik, serta Pastor Paroki Katedral Sibolga yang mewakili Dinas Pendidikan Tapteng, pengawas sekolah, dan mewakili Dandim.

Education Expo 2023 ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa-siswa serta masyarakat Sibolga dalam memperoleh informasi dan pemahaman yang luas mengenai pendidikan.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut, menciptakan generasi muda yang berkualitas dengan karakter yang baik, dan membantu siswa dalam memilih jalur pendidikan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS