TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-70 dan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Koperasi UKM memberikan bantuan bagi kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kelurahan Bajamas, Kecamatan Sirandorung.

Pemberian bantuan berupa kuali alat memasak bagi kelompok UP2K oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dilaksanakan di Balroom PIA Hotel Pandan, Jumat (18/8/2017). Empat kelompok UP2K PKK Kelurahan Bajamas menerima bantuan masing-masing 10 unit kuali untuk peralatan memasak.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Tapanuli Tengah, Rais Kari AP, MM dalam laporannya menyebutkan, di Kelurahan Bajamas, Kecamatan  Sirandorung ada lebih 100 rumah tangga yang melakukan kegiatan usaha UMKM dengan produk gula injit, gula merah, dan berbagai produk industri rumah tangga lainnya seperti tahu, tempe dan kerupuk.

[irp posts=”1516″ name=”6 Koperasi di Tapanuli Tengah Diberi Penghargaan”]

“Sesuai permohonan dari kelompok UP2K PKK Kelurahan Bajamas, kita memberikan bantuan berupa kuali. Mereka setiap hari menggunakan kuali untuk memasak gula injit dan kerupuk,” kata Rais Kari.

Rais Kari mengungkapkan, pemasaran produk gula injit dari kelompok UP2K PKK Kelurahan Bajamas ini sudah menembus ke luar daerah.

Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul menyampaikan, pengembangan koperasi dan UMKM menjadi prioritas Pemkab Tapteng saat ini. Oleh sebab itu, Dinas Koperasi UKM dan SKPD terkait diminta agar memberikan perhatian serius terhadap peningkatan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

[irp posts=”1509″ name=”Ribuan Warga Kota Sibolga Ikuti Doa Bersama 17 17 17″]

“Saya  minta untuk diberikan perhatian serius kepada pelaku koperasi dan UMKM ini. Baik berupa pemberian berbagai pelatihan keterampilan, bantuan modal serta aktif membantu mempromosikan produk UMKM,” pungkasnya. (red)