TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Dalam rangka mewujudkan percepatan Tapanuli Tengah sebagai Kabupaten layak anak di Indonesia, Forum Anak Horas Tapteng (FARASTA) akan membentuk Forum Anak di 5 Kecamatan di daerah itu.

Ketua Umum FARASTA, Hadi Prawira mengatakan, pihaknya berkerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perempuan (BPMDP) dan Pusat Kajian Perlindungan Anak (PKPA) Medan untuk membentuk Forum Anak di 5 Kecamatan yakni Kecamatan Pandan, Sarudik dan Tapian Nauli, Tukka dan Badiri.

“Pembentukan Forum Anak ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 September untuk 3 kecamatan yakni Kecamatan Pandan, Sarudik dan Tapian Nauli. Sedang untuk Kecamatan Tukka dan Badiri pada hari Kamis 8 September,” kata Hadi Prawira kepada TAPANULIPOST.com, Selasa (6/9).

Selain itu, kata Hadi Prawira, nantinya Forum Anak ditingkat Kecamatan diharapkan dapat berkontribusi untuk menciptakan daerah layak anak sampai ke desa/kelurahan.

layak-anak

Menurut Hadi, dengan dibentuknya Forum Anak ditiap Kecamatan dapat menjadi wadah partisipasi dan juga tempat kreatifitas anak, sehingga tindak kekerasan terhadap anak dapat berkurang di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sebelumnya, Forum Anak Horas Tapteng menggelar aksi bertajuk Gerakan Tolak Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Tapanuli Tengah. Aksi ini dilaksanakan mulai Sabtu (3/9) lalu dan akan berlangsung hingga Sabtu mendatang.

“Dalam aksi ini, kita meminta cap tangan dari anak anak. Ini sebagai bentuk kepedulian untuk meminimalisir segala bentuk kekerasan terhadap anak,” kata Hadi.

Hadi mengungkapkan, cap tangan yang telah dikumpulkan di spanduk tersebut nantinya akan dibawa ke Jambore di kota Medan pada tanggal 16-18 September 2016 mendatang. (red)