TAPANULIPOST.com – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UNRI) wilayah Sumatera Utara (Sumut) melakukan penanaman mangrove dan menebar bibit kerang di Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sabtu (11/3/2023).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan, yang rutin kita laksanakan,” kata Mulyadi Simatupang selaku Ketua IKA UNRI sekaligus Ketua Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (IKA FAPERIKA UNRI) wilayah Sumatera Utara.

jangan-golput-tak-milih-tak-paten

Mulyadi Simatupang mengatakan kegiatan sosial yang dilaksanakan tersebut merupakan kolaborasi antara IKA UNRI dengan FAPERIKA.

“Hari ini kegiatan kita fokus terhadap lingkungan yaitu menanam mangrove dan menebar bibit kerang jenis lokan di Tapteng,” ujar Mulyadi Simatupang, yang juga menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Mulyadi, IKA UNRI dan IKA FAPERIKA wilayah Sumut rutin melakukan kegiatan sosial dan pelestarian lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat setiap 3 bulan sekali.

“Jadi dalam IKA UNRI ini bukan hanya untuk ajang silaturahmi semata, tapi kita juga melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti sunatan massal, membagikan sembako ke panti asuhan, dan kali ini kita peduli lingkungan dengan cara penanaman pohon mangrove dan penebaran bibit kerang di pesisir pantai,” papar Mulyadi.

Selain ajang mempererat silaturahmi sesama Alumni UNRI, ungkap Mulyadi, kegiatan ini juga sekaligus bertujuan membangun jaringan dan untuk saling berkenalan dengan anggota-anggota baru.

“Ini bermanfaat bagi sesama alumni. Dengan terbangunnya jaringan sesama alumni di berbagai daerah akan mempermudah tugas-tugas kita,” tukasnya.

Lebih lanjut Mulyadi menyebut, anggota Alumni yang hadir pada kegiatan ini berasal dari Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Nias dan Kota Medan.

“Anggota yang hadir hari ini dari berbagai angkatan, mulai angkatan 80-an sampai tahun 2000-an,” sebut Mulyadi yang merupakan Angkatan 1989 UNRI.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng Ridsam Batubara didampingi Kabid Penangkapan, Perizinan dan Pemberdayaan Dinas Kelautan dan Perikanan Edward Bangun.

Kemudian, Kasubbag Tata Usaha Disperindag ESDM Wilayah V August Sihombing, Kasi Hidrogeologi Mineral dan Batubara Cabang III Janpianta Bangun. (red)

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]