Tapanulipost.com, Sibolga – Dalam rangka mencegah money politic (politik uang) menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Bawaslu Kota Sibolga terus melakukan langkah preventif.

Dalam aksi terbarunya, Bawaslu Sibolga mengerahkan petugas Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk melakukan patroli pengawasan di setiap lingkungan kelurahan.

Bawaslu Sibolga Kerahkan PKD dan PTPS Patroli Pengawasan di Setiap Lingkungan Cegah Money Politic
Foto: Bawaslu Sibolga Kerahkan PKD dan PTPS Lakukan Patroli Pengawasan di Setiap Lingkungan guna mencegah Money Politic.

Kegiatan patroli pengawasan tersebut dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sibolga Sambas pada Rabu (7/2/2024) malam.

Sebelum terjun melakukan patroli pengawasan, dilaksanakan apel siaga yang dipimpin oleh Komisioner Bawaslu Kota Sibolga, Sio Bangun Marganda Sinaga.

Sio Sinaga selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, menggarisbawahi pentingnya pengawasan intensif terhadap kemungkinan terjadinya money politic menjelang Pemilu 14 Februari 2024.

“Lihat dan analisis apa yang terjadi di sekitar lingkungan kita dan mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang melanggar peraturan, seperti saat ini gencarnya isu money politic,” ujar Sio Sinaga.

Dalam arahannya, Sio Sinaga juga menekankan pentingnya pemilu yang bersih, adil, jujur, dan bermartabat.

“Pemilihan harus didasarkan pada prinsip-prinsip tersebut, bukan dipengaruhi oleh uang,” tambahnya.

Selama patroli pengawasan, Sio Sinaga meminta petugas mengambil dokumentasi berupa foto dan video, terutama jika ditemukan indikasi kegiatan money politik.

Ada sebanyak 61 Pengawas TPS, 4 PKD, serta 3 Pengawas Kecamatan dan Sekretariat turut serta dalam kegiatan patroli pengawasan ini.

“Pengawasan dilakukan secara menyeluruh, menyusuri setiap lorong dan gang di lingkungan kelurahan masing-masing di wilayah Kecamatan Sibolga Sambas,” ungkap Sio Sinaga.

Sio Sinaga menegaskan bahwa langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu, khususnya praktik money politic.

Dengan adanya patroli pengawasan yang dilakukan secara intensif oleh Bawaslu Sibolga, Sio Sinaga berharap Pemilu 2024 di Kota Sibolga dapat berlangsung dengan lancar, jurdil dan menjaga integritas demokrasi.

“Kami akan segera menindaklanjuti jika ditemukan dugaan tindak pidana pemilu,” tegasnya. (Preddy Situmorang)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS