Tapanulipost.com, Sibolga – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga gencar melakukan patroli pengawasan jelang Pemilu 2024. Langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran dan kebersihan proses pemilihan umum di masa tenang. Patroli dilaksanakan setelah digelarnya apel siaga di depan kantor Bawaslu di Jalan Dipenogoro, Sibolga, Minggu (11/2/2024).

Para pengawas pemilu dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga Pengawas TPS diterjunkan dalam kegiatan patroli ini.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Ketua Bawaslu Kota Sibolga, Salmon Tambunan, memimpin langsung patroli tersebut, didampingi oleh Komisioner Bawaslu Sio Bangun Marganda Sinaga, Herfisani Hutagalung, serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Sibolga, Resdon Rudi Rumapea.

Salmon Tambunan menjelaskan bahwa patroli ini dilakukan untuk mencegah pelanggaran pemilu terutama di masa tenang, sesuai dengan instruksi Bawaslu RI Nomor 5 Tahun 2024.

Dalam upaya pencegahan ini, Bawaslu telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dan menyurati partai politik untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) mereka.

“Dua hari lagi menuju hari pemungutan suara, dan kami telah berupaya keras melakukan penertiban APK bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait. Kami berharap di masa tenang ini, tidak ada lagi APK yang terpasang di seluruh wilayah Kota Sibolga,” ujar Salmon.

Selain itu, Salmon juga menghimbau peserta pemilu dan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas politik atau kampanye di masa tenang. Ia menegaskan agar semua pihak mematuhi aturan perundang-undangan demi terciptanya pemilu yang bersih dan adil.

“Kami mengimbau agar tidak ada kegiatan yang mengarah pada kampanye seperti menyampaikan visi misi atau mengajak mencoblos di masa tenang ini. Kami berharap masyarakat dapat memahami bahwa Bawaslu telah bekerja keras di lapangan, dan kami mengajak peserta pemilu untuk tidak melanggar aturan yang berlaku,” tutupnya. (Preddy Situmorang)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS