TAPANULIPOST.com – Ahmad Zarnawi Pasaribu, Wakil Bupati Padang Lawas (Palas), kembali dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Palas. Hal ini dilakukan mengingat Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) masih dalam keadaan sakit.

Penunjukan Ahmad Zarnawi sebagai Plt Bupati Palas berdasarkan surat yang diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengan nomor 100.2.1.3/2402/SJ tanggal 8 Mei 2023.

Pengunjukan Plt Bupati Palas ini menurut Mendagri dalam surat tersebut berdasarkan surat Plt Dirut RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo No RS.01.01/VII.4/13284/2023 tanggal 18 April 2023 yang menyatakan hasil pemeriksaan kesehatan Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) tidak memenuhi syarat untuk menjalankan tugas sebagai Bupati Palas.

Surat dari Mendagri tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan surat penugasan dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dengan nomor 100.1.2/5857 tanggal 23 Mei 2023.

“Pentingnya membangun kekompakan, menjunjung tinggi kepentingan rakyat, serta mengambil kebijakan dan kebijaksanaan yang tepat,” ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat memberikan surat penugasan kepada Ahmad Zarnawi di Medan, Rabu (24/5/2023).

Pemberian surat tugas ini turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Sumut Arief S Trinugroho, Kapolres Palas AKBP Indra Yunitra, Dandim 0212 Tapsel Letkol Infanteri Amrijal Nasution, Kepala Kejaksaan Negeri Palas Teuku Herijal, Wakil Ketua DPRD Irsan Bangun Harahap, serta Sekretaris Daerah Palas Arpan Nasution.

Edy Rahmayadi meminta Ahmad Zarnawi untuk tunduk dan patuh terhadap azas dan peraturan yang berlaku, terutama dalam menciptakan kondisi yang baik.

“Jangan melupakan prinsip-prinsip dasar dan patuhi aturan yang berlaku, terutama dalam menciptakan kondisi yang baik,” tambahnya.

Sebelumnya, jabatan Bupati Palas sempat dikembalikan kepada Ali Sutan Harahap pada bulan Maret yang lalu. Keputusan tersebut ditandai dengan surat dari Mendagri Tito Karnavian dengan nomor 100.2.7/1284/SJ.

“TSO telah kembali aktif sebagai bupati setelah menerima surat dari Mendagri pada tanggal 2 Maret 2023,” ujar Pengacara TSO, Donna Siregar kepada wartawan, Selasa (14/3/2023) lalu. (int)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS