Batangtoru, Tapanulipost.com – PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, resmi membuka rangkaian Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis dengan tema “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia” di Rumah Sakit Bhayangkara, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Kamis (14/9/2023).

Dalam gelaran operasi katarak gratis tahun kesembilan ini, PT Agincourt Resources (PTAR) dengan tekad kuat untuk memberantas buta katarak di Indonesia, menargetkan untuk melakukan operasi pada 1.000 mata katarak.

selamat-lebaran-1445h-bpjs-kesehatan-sibolga

Kerjasama dengan para dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Mencirim 77 Medan, operasi katarak digelar secara intensif dalam tujuh putaran yang tersebar di beberapa lokasi, termasuk Batangtoru, Sipirok, Siantar, dan Medan.

Direktur & CFO PT Agincourt Resources, Noviandri Hakim, menyampaikan bahwa program operasi katarak gratis yang konsisten diadakan setiap tahun adalah wujud nyata kepedulian perusahaan dalam mengatasi masalah buta katarak yang serius di Indonesia.

“Melalui serangkaian operasi katarak ini, kami ingin berperan aktif dalam mempercepat penanggulangan katarak dengan mendorong sebanyak mungkin orang untuk menjalani operasi katarak. Operasi adalah satu-satunya cara untuk memulihkan katarak. Harapan kami adalah setiap individu dapat memiliki penglihatan yang optimal dan bisa mengembangkan potensi dirinya. Ketika itu terjadi, kualitas hidup mantan penderita katarak, keluarganya, dan rekan-rekan di sekitarnya akan meningkat dan lebih sejahtera,” kata Noviandri.

Berdasarkan hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) yang dilakukan di 15 provinsi Indonesia antara 2014-2016, angka kebutaan di Indonesia mencapai 3%, dan sekitar 81% di antaranya disebabkan oleh katarak.

Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni, yang juga hadir dalam pembukaan Rangkaian Operasi Katarak Gratis 2023 Tambang Emas Martabe, menegaskan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat bergantung pada keberhasilan upaya pencegahan dan pengobatan dalam sektor kesehatan.

“Untuk berhasil dalam pembangunan kesehatan, upaya ini harus melibatkan kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Penyelenggaraan operasi katarak adalah bukti komitmen PT Agincourt Resources dalam mendukung pembangunan kesehatan, yang merupakan bagian penting dari pembangunan nasional,” ujar Imam.

Imam juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara Polri melalui RS Bhayangkara dan PTAR sebagai contoh sinergi yang efektif antara lembaga negara dan pelaku usaha dalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat. Baca sambungan halaman selanjutnya>>>