Prajurit dan PNS Korem 023/KS Jalani Rapid Test Antigen

  • Whatsapp
Foto: Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang saat menjalani Rapid Test Antigen.

SIBOLGA, TAPANULIPOST.com – Seluruh Prajurit dan PNS Korem 023/KS menjalani Rapid Test Antigen di Aula Gupala Korem pada, Senin (4/1/2021). Pemeriksaan dengan menggunakan Rapid Test Antigen ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan Satuan Komando Resor Militer (Korem) 023/KS.

Komandan Korem (Danrem) 023/KS, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang mengatakan kegiatan ini sebagai langkah yang diambil Korem 023/KS untuk mendeteksi secara dini penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan Prajurit, PNS dan keluarganya serta masyarakat yang tinggal di sekitar Asrama TNI.

Bacaan Lainnya

Danrem menyebutkan, pelaksanaan Rapid Test Antigen tersebut bekerjasama dengan Denkesyah 01.04.02 Sibolga dan Dinas Kesehatan setempat.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kodim dan Batalyon yang ada di wilayah Korem 023/KS,” ungkap Danrem.

Lebih lanjut Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang menekankan kepada seluruh Prajurit dan PNS yang ada di wilayah Korem 023/KS agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona.

“Kita jangan panik dengan keadaan saat ini, selalu ikuti anjuran Pemerintah, juga jangan anggap remeh COVID-19. Tetap patuhi protokol kesehatan di setiap kegiatan apapun, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, hindari kontak fisik dan selalu rajin mencuci tangan,” imbau Danrem.

Mengenal Rapid Test Antigen

Rapid test antigen dan swab antigen adalah jenis tes yang sama.

Disebut rapid test antigen, karena tes untuk mendeteksi virus corona tersebut dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit.

Sementara yang lain menyebutnya dengan swab antigen, karena tes tersebut dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan.

Namun, baik rapid test antigen maupun swab antigen adalah jenis tes antigen yang sama, yang dirancang untuk mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh.

Tes antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini.

Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV). (red)

Pos terkait