Penumpang Tujuan Nias Padati Pelabuhan Sibolga

oleh
Foto : Ribuan penumpang berdesakan saat melewati pemeriksan tiket di Pelabuhan Sibolga. (TAPANULIPOST.com)

TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Ribuan penumpang yang hendak mudik liburan Natal dan Tahun baru ke Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, memadati Pelabuhan Sambas Kota Sibolga, Selasa malam, 26 Desember 2017.

Para penumpang kapal yang hendak berangkat menuju ke Pulau Nias, terlihat saling berdesakan melewati Pos pemeriksaan tiket. Membludaknya penumpang malam itu, membuat pihak pelabuhan harus meningkatkan pengamanan dengan melibatkan unsur TNI dan Kepolisian setempat.

Pihak KSOP juga telah menambah jumlah personil pengamanan pasca terjadinya tragedi maut di atas kapal. Masing-masing kapal penyeberangan khusus penumpang dikawal empat petugas TNI AL, dari sebelumnya hanya dua petugas.

“Kita sudah tambah personil pengamanan, kita tidak ingin terjadi hal serupa seperti yang kemarin. Jadi semua benda-benda senjata tajam, cangkul, parang dan barang – barang yang membahayakan kita amankan lewat pihak TNI dan Kepolisian,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga, Augustia Waruwu didampingi Petugas Sertifikasi Kapal, Purwadi Herianto dan Raslan Siahaan.

Baca juga :  Masyarakat Beri Dukungan Pada Polisi Menangkap Penjambret Guru

Selain itu, kata Augustia, pihaknya juga sudah mempersiapkan tenaga medis untuk memeriksa bagi penumpang yang kondisi fisiknya lemah apalagi setelah berdesak-desakan.

Pada kesempatan itu, Kepala KSOP bersama Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori meninjau para penumpang yang sudah menaiki kapal. Ketika berada di atas kapal penyeberangan, mereka menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah penumpang.

Bahkan Pimpinan DPRD Sibolga Sibolga Jamil Zeb Tumori saat itu memberikan tali asih kepada salah seorang penumpang yang sakit.

Kepada awak media, Jamil Zeb Tumori mengapresiasi kinerja KSOP Sibolga dalam melayani masyarakat yang hendak mudik tahun ini. Melalui alat pengeras suara, Wakil Ketua DPRD Sibolga itu juga menyampaikan selamat Natal dan Tahun Baru, serta selamat jalan kepada masyarakat yang mudik ke Pulau Nias.

Baca juga :  Kota Ikan Tapi Impor Ikan, Pimpinan DPRD Minta Kadis Perikanan Diganti

“Kepada para penumpang mohon saling menjaga dan jangan ada keributan di dalam kapal ini. Karena disini sudah disiapkan pengamanan dari pihak TNI dan Kepolisian, jadi dimohon ketertibannya, semoga saudara sampai ketujuan dengan sehat,” ujar Jamil. (red)