Pelindo Targetkan Pembangunan Pelabuhan Sibolga Selesai Oktober 2018

oleh
Foto : Manager Bisnis Teknik PT Pelindo Cabang Sibolga, Irvan didampingi Friska selaku Staf GM Pelindo Cabang Sibolga bersama dua wartawan di lokasi pembangunan pengembangan pelabuhan Sibolga. (Dok. TAPANULIPOST.com)

SIBOLGA, TAPANULIPOST.com – PT Pelindo Cabang Sibolga menargetkan pembangunan pelabuhan Sibolga selesai pada Oktober 2018 mendatang. Saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 75 persen.

“Target kita tahun ini akan selesai. Diperkirakan sekitar bulan September atau Oktober nanti,” kata Manager Bisnis Teknik PT Pelindo Cabang Sibolga, Irvan didampingi Friska selaku Staf PT Pelindo Cabang Sibolga ketika dikonfirmasi TAPANULIPOST.com, Senin, 4 Juni 2018.

Irvan menjelaskan, pembangunan pengembangan pelabuhan Sibolga terdiri dari pembangunan terminal penumpang dan dermaga. Proyek penataan dan pengembangan pelabuhan Sibolga tahap I ini dilaksanakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

“Terminal penumpang dibangun 2 lantai. Sementara pada bagian dermaga ada perpanjangan sekitar 50 meter dan pelebaran sekitar 30 meter,” jelas Irvan.

Foto : Pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga. (Preddy Situmorang/TAPANULIPOST.com)

Irvan menyebut, pada sisi sebelah kanan pelabuhan nantinya akan digunakan untuk dermaga kapal penumpang Roro.

“Nanti dari dermaga penumpang akan dihubungkan dengan terminal penumpang, nanti ada sky bridge, sehingga ada jalur khusus penumpang menuju dermaga kapal. Jadi sudah terpisah traffic lalu lintas orang dengan kendaraan,” ungkapnya.

Pengembangan pelabuhan Sibolga ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga :  Proyek Pembangunan Jembatan Senilai Rp54 Miliar di Barus sedang Proses Tender

Sebab pelabuhan Sibolga merupakan pelabuhan yang potensial dengan didukung daerah daerah hinterland mulai dari Kabupaten Tapsel, Tapteng, Taput dan Nias.

“Sibolga ini adalah pintu gerbang yang sangat potensial nantinya bagi kawasan hinterland. Dengan demikian peningkatan perekonomian akan seiring dengan kehadiran pelabuhan ini karena transportasi ekonomi saat ini dominan melalui laut,” tukasnya.

Baca juga :  Harga Bahan Pokok Stabil, Pemko Sibolga Juga Jamin Ketersediaan Stok Pangan Jelang Lebaran

Sebelumnya, groundbreaking pengembangan Pelabuhan Sambas Sibolga ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Agustus 2017 lalu.

Pada saat itu, Presiden menginginkan pembangunan pelabuhan Sibolga ini akan rampung pada tahun 2017. Namun hingga kini, pembangunannya masih berjalan dan diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. (Red)