Kades Lubuk Ampolu Disebut Tidak Transparan Gunakan ADD

oleh
Foto : Proyek perbaikan rambing di Desa Lubuk Ampolu, Badiri yang bersumber dari dana desa. (SYABIL/TAPANULIPOST.com)

TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Kepala Desa (Kades) Lubuk Ampolu Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah disebut tidak transparan dalam menggunakan anggara dana desa (ADD). Kades bahkan disebut membeli sendiri bahan bangunan untuk keperluan proyek ADD itu.

Hal itu dibeberkan Kaur Pembangunan Desa, Penuari Telaumbanua kepada TAPANULIPOST.com, Senin, 5 Februari 2018.

Penuari Telaumbanua mengungkapkan, saat ini anggaran desa digunakan untuk mengganti lantai jembatan gantung menjadi plat besi yang sebelumnya terbuat dari kayu. Perbaikan jembatan rambing ini dilakukan untuk peningkatan akses jalan produksi pertanian masyarakat desa.

Namun, ungkap Penuari, justru Kepala Desa yang mengerjakan proyek dan yang belanja langsung bahan bangunan untuk keperluan pekerjaan proyek. Dirinya selaku Kaur Pembangunan tidak pernah dilibatkan dalam proyek jembatan gantung itu.

Baca juga :  Ratusan Warga Desa Sipakpahi Aek Lobu Sampaikan Aspirasi Kepada Bupati

Selain itu, kata Penuari, di lokasi pekerjaan tersebut juga tidak dipasang papan informasi pekerjaan, sehingga masyarakat tidak mengetahui berapa anggarannya.

“Saya selaku Kaur Pembangunan tidak pernah dilibatkan dalam proyek jembatan gantung itu. Seharusnya Kepala desa harus transparan dalam penggunaannya, bukan main sendiri dalam pengadaan belanja barang bangunan,” ujar Penuari.