Integrasi Kampung KB Harus Digalakkan

oleh
Foto : Sosialisasi integritas kampung KB di Kecamatan Sibolga Selatan. (ist)

SIBOLGA, TAPANULIPOST.com – Anggota DPR RI Drs.H.Marwan Dasopang mengatakan, Integrasi kampung KB merupakan program DPR bersama mitra kerjanya BKKBN. Program ini memfokuskan pada masalah pengendalian kependudukan, keluarga berencana dan menekan angka kemiskinan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Integrasi kampung KB merupakan program yang harus digalakkan serta harus didukung oleh semua pihak. Program ini fokus pada pengendalian penduduk,” kata Anggota DPR RI Marwan Dasopang yang diwakili oleh Staf Ahli Komisi 9 DPR RI Andi Harahap dalam sosialisasi integrasi kampung KB di Kelurahan Aek Habil kecamatan Sibolga Sambas baru-baru ini.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan masyarakat berusia produktif, kader Posyandu kelurahan Aek Habil, Penyuluh KB dengan tujuan sebagai upaya untuk penguatan program kependudukan.

Pada kegiatan itu, Anggota DPR RI Drs.H.Marwan Dasopang bersama Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sibolga, dr. Yushari Banjarnahor, mengajak masyarakat untuk menjalankan program Keluarga Berencana (KB). Program ini fokus pada persoalan pengendalian kependudukan.

Baca juga :  Masyarakat Beri Dukungan Pada Polisi Menangkap Penjambret Guru

Dijelaskan, kampung KB adalah salah satu contoh program yang melibatkan semua bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerjasama dengan instansi terkait hingga tingkat lingkungan.

Menurutnya, Program KB melalui konsep kampung KB ini sangat diperlukan di seluruh Desa dan Kelurahan di Indonesia, tak terkecuali di Kelurahan Aek Habil.

“Sebab keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera menuju lebih baik,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Sekcam Kecamatan Sibolga Selatan Sugiyatno dalam sambutannya memaparkan profil dan kondisi masyarakat di wilayah Kecamatan Sibolga Selatan. Dia juga menjelaskan bagaimana upaya yang dilakukan dengan menggandeng program KB untuk kesejahteraan warganya.

Sugiyatno berharap acara sosialisasi integrasi Kampung KB dapat berjalan lancar dan membawa manfaat serta faedahnya bagi seluruh masyarakt yang hadir. Tak lupa ia mengucapkan terimakasihnya kepada kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan acara tersebut.

“Terimakasih atas pemaparannya, semoga dapat kami jalankan dan bermanfaat bagi kami untuk peningkatan kesejahteraan hidup kami,” ucap Sugiyatno yang pernah menyandang NIk 38 BKKBN.

Baca juga :  Masyarakat Beri Dukungan Pada Polisi Menangkap Penjambret Guru

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sibolga, dr. Yushari Banjarnahor menjelaskan, program kampung KB ini dibuat dengan tujuan terbangunnya masyarakat sejahtera tingkat keluarga.

“Program ini bukan sekedar pada pencanangan, tapi ada aksi dan gerakan yang kegiatannya melibatkan seluruh bidang dilingkungan masyarakat,” katanya.

Acara Sosialisasi Integarasi Kampung KB berlangsung dgn Lancar. Kemudian dipenghujung acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah kepada peserta kegiatan. (ril)