Gladi Posko, Kodim 0213/Nias Siap Tanggulangi Bencana Alam

oleh
Foto : Kodim 0213/Nias gelar Gladi Posko Tahun 2018. (Dok. Penrem)

NIAS, TAPANULIPOST.com – Kodim 0213/Nias menggelar gladi Posko Tahun 2018 sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam.

Gladi posko digelar selama 3 hari, mulai 4-6 Juni 2018, dengan mengusung tema “Kodim 0213/Nias siap melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam”.

Pada hari kedua tanggal 5 juni 2018 perwira staf memberikan saran kepada Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymon Raja Sulung Purba S.Han.

Adapun langkah-langkah latihan yang dilakukan diantaranya, pertama, perwira Intelijen memberikan informasi tentang dampak negatif terjadi bencana alam (gempa dan tsunami ) dan selalu berkoordinasi dengan BMKG tentang kondisi cuaca. Kemudian berkoordinasi dengan pihak kepolisian tentang keamanan dan ketertiban.

Baca juga :  Pangdam Mayjen TNI Ibnu Triwidodo Kunjungi Tambang Emas Martabe

Perwira personil memberikan informasi tentang personil TNI , Polri dan Ormas yang siap melaksanakan tugas perbantuan untuk menanggulangi bencana alam.

Perwira logistik memberikan informasi tentang material dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas PU dan peran pemerintah daerah.

Sementara perwira teritorial memberi informasi tentang kondisi geografi, demografi dan kondisi social akibat dampak bencana alam.

Perwira operasi memberi informasi tentang kekuatan pasukan yang akan digerakkan di lapangan, dan untung rugi setiap cara bertindak.

Baca juga :  Danrem Berharap Dengan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Warga Aplikasikan Temu Cepat dan Lapor Cepat

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymon Raja sulung Purba menerangkan gladi posko bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Tujuan lainnya adalah untuk membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa dan mencarikan jalan terbaik untuk mengatasi suatu permasalahan di wilayahnya,” jelas Dandim. (Ril)