Dinas Koperasi Tapteng Gelar Pelatihan Penyusunan Laporan dan Manajemen Koperasi

oleh

Foto : Acara pembukaan pelatihan penyusunan laporan dan manajemen koperasi. (Preddy Situmorang/TAPANULIPOST.com)

TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar pelatihan penyusunan laporan dan manajemen koperasi bagi pengurus koperasi aktif yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Tioprida Sitompul di PIA Hotel Pandan, Selasa, 17 Oktober 2017.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yakni KUPT Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara Parluhutan Dalimunthe dengan materi pelatihan manajemen pengurus Koperasi. Kemudian Ir Ridwan Pasaribu dari Dinas Koperasi Pemko Sidempuan sebagai narasumber materi penyusunan Laporan bagi Pengurus Koperasi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tapanuli Tengah, Rais Kari AP, MM bersama Asisten II Tioprida Sitompul menyematkan tanda peserta kepada peserta pelatihan.

Asisten II Tioprida Sitompul dalam sambutannya mengatakan, dalam upaya peningkatan koperasi di Tapteng, perlu dilaksanakan pembinaan manajemen koperasi secara berkesinambungan melalui kegiatan pelatihan.

“Pelaksanaan pelatihan manajemen koperasi dan menyusun laporan bagi pengurus koperasi merupakan salah satu upaya untuk menata, mengontrol dan mengendalikan keuangan koperasi,” kata Tioprida.

Baca juga :  RKB Sudah Dibangun di Sekolah Kelas Jauh Desa Simarlelan

Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keberadaan koperasi dan mewujudkan koperasi menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan mandiri dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapteng. Untuk itu, para pengurus koperasi diajak untuk lebih meningkatkan pertumbuhan koperasi.

“Koperasi sangat penting bagi kita, mari kita majukan kembali koperasi di daerah kita ini. Mungkin selama ini banyak koperasi yang tenggelam. Untuk itu dibawah kepemimpinan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, mari kita tingkatkan kembali koperasi,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Kabid Kelembagaan Jambi Hutagalung selaku panitia kegiatan dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Selain itu, juga untuk menambah pengetahuan pengurus koperasi dalam hal pelaporan dan kemanajemenan koperasi.

“Melalui pelatihan ini diharapkan terjadi peningkatan bagi koperasi baik dalam hal pelaporan. Terlebih pengelolaan keuangan koperasi yang tertuang dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan kemajuan manajemen dalam berbagai sektor kegiatan,” ujar Jambi.

Baca juga :  KPAID Nyatakan Tapteng Darurat Kekerasan Seksual Anak

Jambi memaparkan, pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (17/10) s/d Kamis (19/10). Peserta pada pelatihan ini adalah pengurus koperasi aktif yang dihadiri dua pengurus yaitu ketua dan bendahara. (red)