Dandim 0210/TU Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Makam Sisingamangaraja

oleh
Foto : Dandim 0210/Tapanuli Utara Letkol Inf Rico Julyanto Siagian jadi irup Hari Pahlawan di makam Pahlawan SM Raja Balige. (ist)

TAPUT, TAPANULIPOST.com – Dandim 0210/Tapanuli Utara Letkol Inf Rico Julyanto Siagian memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 di makam Pahlawan SM Raja Balige jalan Pagar Batu, Kecamatan Balige, Tobasa

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan Dandim 0210/TU Letkol inf Rico Yulianto Siagian menyampaikan pesan para pendiri bangsa, bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat, adil dan makmur.

“Oleh karena pesan fundamental itulah, maka peringatan hari pahlawan 10 Nopember Tahun 2017 ini kita mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, katanya.

Diungkapkan, pada era milenium kedua saat ini kita tengah menyaksikan sebuah transformasi besar dalam hubungan Internasional diantara bangsa-bangsa dunia. Kita sedang menyaksikan suatu zaman yang diutarakan oleh Jurnalis Gideon Rahman pada Tahun 2016 tentang fajar baru pergeseran global, dimana kemajuan peradaban dunia disebut sebagai era easterni-zation atau timurisasi.

Baca juga :  Acara Lepas Sambut Dandim 0205/ Tanah Karo

Menurutnya, dalam era kemajuan global seperti ini negara-negara Asia dianggap sebagai kutub-kutub baru kemajuan peradaban dunia. Oleh karena itulah persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperatif yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa. namun lebih dari itu, persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, Pahlawan bagi lingkungan, Pahlawan bagi masyarakat maupun Pahlawan bagi negeri ini, selamat hari Pahlawan,” ujarnya.

Baca juga :  Korem 023/KS Latihan Menembak Jatri

Usai melaksanakan upacara, Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Julyanto Siagian beserta anggota Kodim 0210/TU, Pemkab Tobasa, Polres Tobasa dan Anggota Yonif 125/SMB kemudian melaksanakan jiarah di makam Pahlawan SM Raja Balige. Selanjutnya dilakukan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga oleh Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Julyanto Siagian dan rombongan Muspida.

Turut hadir dalam jiarah tersebut Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Kajari Tobasa Jefri Maukar SH, Wakapolres tobasa kompol J. Sitompul, Pimpinan SKPD Tobasa, Pabung Tobasa Major Caj H. Herry Hutabarat, Para Danramil, Wakil ketua DPRD Tobasa Tonny Simanjuntak. (red/ril)