BI Sibolga Layani Penukaran Uang Pecahan Baru di Alaman Bolak Padangsidimpuan

oleh
Foto : BI Sibolga bekerjasama 12 Bank melayani penukaran uang pecahan baru di Alaman Bolak, Padangsidimpuan. (Preddy Situmorang/TAPANULIPOST.com)

SIDIMPUAN, TAPANULIPOST.com – Dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri 1439 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga melayani penukaran uang pecahan baru layak edar di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan.

Layanan penukaran uang rupiah dibuka selama dua hari mulai Senin (4/6) sampai Selasa (5/6). Dengan jadwal penukaran dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00WIB.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga Suti Masniari Nasution melalui Staf Unit Pengelolaan Uang Rupiah, Saddam Husein mengatakan, untuk melayani penukaran uang Bank Indonesia juga bekerjasama dengan 12 Bank yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Pada hari pertama Senin (4/6), ada sebanyak 5 Bank yang turut melayani penukaran uang yakni Bank Sumut, BNI, BTPN, Bank Muamalat dan Bank Sumut Syariah.

Sementara di hari kedua, ada 7 Bank yang turut melayani penukaran uang yakni Bank Sumut Syahriah, Bank Mandiri, Bank Panin, Bank Mestika, Bank Permata, BRI, Sinarmas.

Selain di Padangsidimpuan, BI Sibolga juga akan melayani penukaran uang melalui mobil kas keliling di Panyabungan, Kabupaten Madina, bekerjasama dengan 4 Bank di daerah itu.

“Besok kita juga akan buka pelayanan penukaran uang di Panyabungan Madina selama 2 hari,” kata Saddam Husein, Selasa, 5 Juni 2018 di Alaman Bolak.

Saddam mengungkapkan, KPw BI Sibolga menyediakan uang pecahan baru sebanyak 3,46 Milyar untuk melayani penukaran uang di Padangsidimpuan.

Baca juga :  Harga Bahan Pokok Stabil, Pemko Sibolga Juga Jamin Ketersediaan Stok Pangan Jelang Lebaran

Sedangkan untuk Panyabungan Madina disediakan uang pecahan sebanyak 1,2 Milyar, bekerjasama dengan Bank Sumut, BRI, BNI dan Mandiri Syariah.

Saddam menyebutkan, masyarakat Padangsidimpuan begitu antusias menukar uang pecahan baru untuk keperluan Lebaran nanti.

“Sejak kemarin hingga hari ini mulai buka layanan pukul 09.00 sampai 11.40WIB, sudah sekitar Rp400 juta uang pecahan yang ditukar dari jumlah uang sebanyak Rp690 juta di mobil kas keliling BI Sibolga. Belum lagi di mobil layanan Bank Umum,” ungkap Saddam.

Baca juga :  Kepala BI Sibolga Tinjau Layanan Penukaran Uang di Mobil Kas Keliling

Hal senada juga diungkapkan Wakil Pimpinan Bank Sumut Syahriah, Eka Herry Asmadhi. Dia menyebut, sebanyak Rp400 juta uang pecahan sudah ditukar pada layanan mobil kas Bank Sumut Syahriah.

“Animo masyarakat menukar uang pecahan cukup besar, paling banyak tukar pecahan Rp2 ribu dan Rp5 ribu,” ujarnya.

Bank Indonesia menghimbau kepada masyarakat agar uang cetakan sempurna yang diedarkan tidak dirusak dengan cara dihekter, dibasahi, dilipat, diremas dan ditulis. (Red)