Aplikasi Ini Membantu Nelayan Menentukan Daerah Penangkapan Ikan

oleh
Foto : Aplikasi Nelpin di Google Play Store

TAPTENG, TAPANULIPOST.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar koordinasi pengembangan inovasi sebuah aplikasi Sistem Informasi Nelayan Pintar (SINP) yang disebut Nelayan Pintar (Nelpin) di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Selasa 8 Mei 2018.

Plt. Kepala Bappeda Tapteng Drs Antonius Simanjuntak diwakili Sekretaris Tiurlina H. Sihite SP MM membuka secara resmi koordinasi pengembangan inovasi aplikasi nelayan pintar tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu fungsi Bappeda Tapteng dalam melakukan penyusunan kebijakan daerah di bidang penelitian dan pengembangan khususnya inovasi daerah guna memberhasilkan visi dan misi Tapteng,” kata Sekretaris Bappeda Tapteng.

Sebelumnya, Kasubbid Inovasi dan Teknologi Bappeda Tapteng Rieffi Syahir Tumanggi Hutasuhut SH melaporkan, aplikasi Nelpin dapat membantu para nelayan dalam menentukan daerah penangkapan ikan, mengetahui cuaca, dinamika laut, dan harga ikan.

“Tujuan dilaksanakannya koordinasi pengembangan inovasi aplikasi Nelayan Pintar ini untuk memberikan informasi dan pemahaman yang mendalam, khususnya bagi para nelayan tentang manfaat inovasi aplikasi SINP.

Baca juga :  Mobil Pikap Terguling ke Jurang di Desa Sipan

Dijelaskannya, dengan menggunakan aplikasi Nelpin ini, nelayan dapat mengetahui daerah penangkapan ikan, kondisi cuaca perairan yang diupdate setiap hari oleh BMKG, daftar pelabuhan, dan daftar harga ikan tertinggi pada masing-masing pelabuhan.

Dia menyebut, aplikasi Nelpin ini dapat diperoleh dan digunakan pada telepon selular android atau smartphone.
Dia mengungkapkan, dengan aplikasi ini wawasan para nelayan semakin bertambah luas.

“Kesejahteraan nelayan diharapkan meningkat dengan semakin efektif dan efisiennya penggunaan teknologi komunikasi dan informatika atau TIK oleh nelayan,” ungkapnya.